Widget HTML #1

Shalat Tarawih itu 11 Rakaat

Selamat menjalankan ibadah puasa semuanya. tentu diantara kita pasti ada yang udah bolong nih puasanya. Ramadhan identik dengan ibadahnya, memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan merupakan kebiasaan setiap muslim termasuk kita. Puasa, tarawih, zakat, baca Quran semuanya diperbanyak di bulan Ramadhan ini.


Tentunya udah pada Khatam dong baca Qurannya.


Ngomongin soal tarawih, ramadhan kali ini ada yang terlewatkan gak yah tarawihnya, semoga aja sih full tiap malam ga ada yang kelewat.

Berapa rakaat salat tarawihnya? 23, 21 atau 11 rakaat. Sebenernya yang mana sih yang bener?


Mungkin kalau kebanyakan di indonesia sendiri banyak yang 23 rakaat, tetapi kebiasaan Rosululloh SAW biasa salat tarawih dengan bacaan yang panjang yaitu dengan 11 Rakaat seperti dalam hadits berikut.


مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً


 “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah jumlah raka’at dalam shalat malam di bulan Ramadhan dan tidak pula dalam shalat lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari no. 1147 dan Muslim no. 738)



أَفْضَلُ الصَّلاَةِ طُولُ الْقُنُوتِ

“Sebaik-baik shalat adalah yang lama berdirinya.” (HR. Muslim no. 756)



 Pada dasarnya nabi melakukan shalat tarawih itu 11 Rakaat dengan wittir, namun Rosul sendiri pernah shalat tarawih 2 rakaat dan beliau membolehkan untuk menambah jumlah rakaatnya sehingga yang menggunakan shalat tarawih 23 rakaat ini berdasarkan apa yang dibolehkan rosul.


Pada dasarnya salat tarawih 23 rakaat maupun 11 rakaat itu diperbolehkan, hanya saja Rosulullah SAW menggunakan yang 11 rakaat. kita tinggal pilih  apakah mau yang 11 rakaat atau 23 rakaat yang penting jangan kelewat ya tarawihnya.


Namun jangan sampai karena kebanyakan rakaat menjadikan bacaannya terburu - buru yang menjadikan hilangnya kekhusuan dalam melaksanakan shalat.


baik 11 maupun 23 rakaat sama-sama dibenarkan, yang kurang baik itu yang gak shalat tarawih sama sekali.


Karena sesungguhnya tidak ada batasan dalam shalat tarawih yang disepakati oleh kebanyakan ulama.


Selamat menjalankan Ramadhan.

Post a Comment for "Shalat Tarawih itu 11 Rakaat"